Rabu, 05 April 2017

RESUME PERTEMUAN 1 -3
(ARSITEKTUR KOMPUTER)



DEFINISI KOMPUTER

Komputer=computare (menghitung)=Alat hitung
 suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
•menerima input
•memproses input tadi sesuai dengan programnya
•menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
•menyediakan output dalam bentuk informasi

Seperangkat Komputer
  • Unit Masukan
  • Unit Keluaran
  •  Unit Pemrosesdata
  •  Unit Penyimpandata
Fungsi Komputer
  1.  Membuat animas
  2.  Membuat game
  3.  Membuat lagu
  4.  Menulis (word processor)
  5.  Menghitung neraca (spreadsheet)
  6.   Membuat program (VB, Delphi, Java, dll)
  7.  Bertukar data (jaringan/LAN)
  8.   Bertukar data global(internet)
Arsitektur & Organisasi Komputer
 Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
 Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi
  •  Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
  • Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama
Struktur & Fungsi
 Strukture adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain
 Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur
FUNGSI
Semua komputer memiliki 4 fungsi:
 Pengolahan data - Data processing
 Penyimpanan data - Data storage
 Pemindahan data - Data movement
 Kendali - Control
SEJARAH KOMPUTER
EVOLUSI DAN KINERJA KOMPUTER

ENIAC
         Electronic Numerical Integrator And Computer
         Eckert and Mauchly
         University of Pennsylvania
ENIAC – details
         Menggunakan sistem Decimal (bukan binary)
         Memiliki 20 accumulator untuk 10 digits
         Diprogram secara manual melalui sakelar
         Berisi 18,000 vacuum tubes
         Berat 30 tons
         Luas 15,000 square feet
         Daya 140 kW
         Kecepatan: 5,000 penambahan per detik
IAS – details
         Kapasitas memori: 1000 x 40 bit words
     Menggunakan sistem bilangan Biner
     Panjang instruksi 20 bit ( 1 word = 2 instruksi )
         Register-register dalam CPU
     MBR (Memory Buffer Register)
     MAR (Memory Address Register)
     IR (Instruction Register)
     IBR (Instruction Buffer Register)
     PC (Program Counter)
     AC (Accumulator)
     MQ (Multiplier Quotient)
Komputer Komersial
         1947 - Eckert-Mauchly Computer Corporation
     UNIVAC I (Universal Automatic Computer)
     Untuk kalkulasi sensus 1950 oleh US Bureau of Census
IBM
         Pabrik peralatan Punched-card
         1953 – IBM-701
     Komputer pertama IBM (stored program computer)
     Untuk keperluan aplikasi Scientific
         1955 – IBM- 702
     Untuk applikasi bisnis
Transistor
         Menggantikan vacuum tubes
         Lebih kecil
         Lebih murah
Generasi  Komputer
         1946-1957 : Vacuum tube
         1958-1964 : Transistor
         1965-1971 : SSI - Small scale integration
     Up to 100 devices on a chip
         1971          : MSI - Medium scale integration (
     100-3,000 devices on a chip
IBM seri 360
         Pengganti seri 7000 (tidak kompatibel)
         Rancangan awal suatu keluarga  komputer
     Memiliki set instruksi yang sama atau identik
     Menggunakan O/S yang sama atau identik
     Kecepatan meningkat
DEC PDP-8
         Minicomputer pertama
         Tidak mengharuskan ruangan ber-AC
         Ukurannya kecil
Arsitektur & Organisasi Komputer
CPU

Central Processing Unit
§  Merupakan komponen terpenting dari sistem komputer
§  komponen pengolah data berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya
Komponen Utama CPU
§  Arithmetic and Logic Unit (ALU)
§  Control Unit
§  Registers
§  CPU Interconnections
Arithmetic and Logic Unit (ALU)
§  Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer.
§  ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan
instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya.
Control Unit
§  Bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya.
§  Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi – instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
Registers
§  Media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.
§  Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
Fungsi CPU
§  Menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi –instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
Siklus Fetch – Eksekusi
§  Pada setiap siklus instruksi, CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori
§  Terdapat register dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya, yang disebut Program Counter (PC)
Aksi CPU
§  CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke
§  memori dan sebaliknya.
§  CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O
§  dan sebaliknya.
Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi
Kesimpulan
1.     Sejarah singkat komputer dimulai dari Tabung Vakum, Transistor, IC dan VLSI.
2.     Kinerja sebuah sistem komputer merupakan hasil proses dari seluruh komponen komputer, yang melibatkan CPU, memori utama, memori sekunder, bus, peripheral.
3.     Pentium Intel mampu mendominasi pasaran dan secara teknologi menggunakan rancangan CISC (complex instruction set computers) dalam arsitekturnya.
4.     PowerPC merupakan kelompok komputer yang menerapkan teknologi RISC (reduced instruction set computers).

0 komentar:

Posting Komentar