(ARSITEKTUR KOMPUTER)
DEFINISI
KOMPUTER
Komputer=computare (menghitung)=Alat hitung
suatu alat
elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
•menerima input
•memproses input tadi sesuai dengan programnya
•menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
•menyediakan output dalam bentuk informasi
- Unit Masukan
- Unit Keluaran
- Unit Pemrosesdata
- Unit Penyimpandata
Fungsi Komputer
- Membuat animas
- Membuat game
- Membuat lagu
- Menulis (word processor)
- Menghitung neraca (spreadsheet)
- Membuat program (VB, Delphi, Java, dll)
- Bertukar data (jaringan/LAN)
- Bertukar data global(internet)
Arsitektur
& Organisasi Komputer
Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan
perkembangan teknologi
- Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
- Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama
Struktur
& Fungsi
Strukture adalah
bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu
sama lain
Fungsi
merupakan operasi dari
masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur
FUNGSI
Semua komputer memiliki 4 fungsi:
Pengolahan data - Data processing
Penyimpanan data - Data storage
Pemindahan data - Data movement
Kendali - Control
SEJARAH KOMPUTER
EVOLUSI DAN KINERJA KOMPUTER
ENIAC
•
Electronic
Numerical Integrator And Computer
•
Eckert
and Mauchly
•
University
of Pennsylvania
ENIAC – details
•
Menggunakan
sistem Decimal (bukan
binary)
•
Memiliki
20 accumulator untuk
10 digits
•
Diprogram
secara manual melalui sakelar
•
Berisi
18,000 vacuum tubes
•
Berat
30 tons
•
Luas
15,000 square feet
•
Daya
140 kW
•
Kecepatan:
5,000 penambahan per detik
IAS – details
•
Kapasitas
memori: 1000 x 40 bit
words
–
Menggunakan
sistem bilangan Biner
–
Panjang
instruksi 20 bit ( 1 word = 2 instruksi )
•
Register-register dalam CPU
–
MBR
(Memory Buffer Register)
–
MAR
(Memory Address Register)
–
IR
(Instruction Register)
–
IBR
(Instruction Buffer Register)
–
PC
(Program Counter)
–
AC
(Accumulator)
–
MQ
(Multiplier Quotient)
Komputer Komersial
•
1947
- Eckert-Mauchly Computer Corporation
–
UNIVAC
I (Universal Automatic Computer)
–
Untuk
kalkulasi sensus 1950 oleh US Bureau of Census
IBM
•
Pabrik
peralatan Punched-card
•
1953
– IBM-701
–
Komputer
pertama IBM (stored program computer)
–
Untuk
keperluan aplikasi Scientific
•
1955
– IBM- 702
–
Untuk
applikasi bisnis
Transistor
•
Menggantikan
vacuum tubes
•
Lebih
kecil
•
Lebih
murah
Generasi
Komputer
•
1946-1957
: Vacuum tube
•
1958-1964
: Transistor
•
1965-1971
: SSI - Small scale integration
–
Up
to 100 devices on a chip
•
1971 : MSI - Medium scale integration (
–
100-3,000
devices on a chip
IBM seri 360
•
Pengganti
seri 7000 (tidak kompatibel)
•
Rancangan
awal suatu “keluarga” komputer
–
Memiliki
set instruksi yang sama atau identik
–
Menggunakan
O/S yang sama atau identik
–
Kecepatan
meningkat
DEC PDP-8
•
Minicomputer pertama
•
Tidak
mengharuskan ruangan ber-AC
•
Ukurannya
kecil
Arsitektur
& Organisasi Komputer
CPU
CPU
Central
Processing Unit
§ Merupakan komponen terpenting dari sistem komputer
§ komponen pengolah data berdasarkan instruksi yang
diberikan kepadanya
Komponen Utama CPU
§ Arithmetic
and Logic Unit (ALU)
§ Control
Unit
§ Registers
§ CPU
Interconnections
Arithmetic and Logic Unit (ALU)
§ Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data
komputer.
§ ALU sering disebut mesin bahasa (machine language)
karena bagian ini mengerjakan
instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan
padanya.
Control Unit
§ Bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan
mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam
menjalankan fungsi – fungsi operasinya.
§ Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah
mengambil instruksi – instruksi dari memori utama dan menentukan jenis
instruksi tersebut.
Registers
§ Media penyimpan internal CPU yang digunakan saat
proses pengolahan data.
§ Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan
untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
Fungsi CPU
§ Menjalankan program – program yang disimpan dalam
memori utama dengan cara mengambil instruksi –instruksi, menguji instruksi
tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
Siklus Fetch – Eksekusi
§ Pada setiap siklus instruksi, CPU awalnya akan membaca
instruksi dari memori
§ Terdapat register dalam CPU yang berfungsi mengawasi
dan menghitung instruksi selanjutnya, yang disebut Program Counter (PC)
Aksi CPU
§ CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke
§ memori dan sebaliknya.
§ CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O
§ dan sebaliknya.
Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi
Kesimpulan
1.
Sejarah
singkat komputer dimulai dari Tabung Vakum, Transistor, IC dan VLSI.
2.
Kinerja
sebuah sistem komputer merupakan hasil proses dari seluruh komponen komputer,
yang melibatkan CPU, memori utama, memori sekunder, bus, peripheral.
3.
Pentium
Intel mampu mendominasi pasaran dan secara teknologi menggunakan rancangan CISC
(complex instruction set computers) dalam arsitekturnya.
4.
PowerPC
merupakan kelompok komputer yang menerapkan teknologi RISC (reduced
instruction set computers).
0 komentar:
Posting Komentar