DEFINISI KOMPUTER
Komputer=computare (menghitung)=Alat hitung
suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input
- memproses input tadi sesuai dengan programnya
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
- menyediakan output dalam bentuk informasi
Seperangkat Komputer
- Unit Masukan
- Unit Keluaran
- Unit Pemrosesdata
- Unit Penyimpandata
- Fungsi Komputer
- Membuat animas
- Membuat game
- Membuat lagu
- Menulis (word processor)
- Menghitung neraca (spreadsheet)
- Membuat program (VB, Delphi, Java, dll)
- Bertukar data (jaringan/LAN)
- Bertukar data global(internet)
- Arsitektur & Organisasi Komputer
- Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
- Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi
Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama
Struktur & Fungsi
Strukture adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain
Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur
FUNGSI
Semua komputer memiliki 4 fungsi:
- Pengolahan data - Data processing
- Penyimpanan data - Data storage
- Pemindahan data - Data movement
- Kendali - Control
SEJARAH KOMPUTER
EVOLUSI DAN KINERJA KOMPUTER
ENIAC
- Electronic Numerical Integrator And Computer
- Eckert and Mauchly
- University of Pennsylvania
ENIAC – details
- Menggunakan sistem Decimal (bukan binary)
- Memiliki 20 accumulator untuk 10 digits
- Diprogram secara manual melalui sakelar
- Berisi 18,000 vacuum tubes
- Berat 30 tons
- Luas 15,000 square feet
- Daya 140 kW
- Kecepatan: 5,000 penambahan per detik
IAS – details
- Kapasitas memori: 1000 x 40 bit words
- Menggunakan sistem bilangan Biner
- Panjang instruksi 20 bit ( 1 word = 2 instruksi )
- Register-register dalam CPU
- MBR (Memory Buffer Register)
- MAR (Memory Address Register)
- IR (Instruction Register)
- IBR (Instruction Buffer Register)
- PC (Program Counter)
- AC (Accumulator)
- MQ (Multiplier Quotient)
Komputer Komersial
- 1947 - Eckert-Mauchly Computer Corporation
- UNIVAC I (Universal Automatic Computer)
- Untuk kalkulasi sensus 1950 oleh US Bureau of Census
IBM
- Pabrik peralatan Punched-card
- 1953 – IBM-701
- Komputer pertama IBM (stored program computer)
- Untuk keperluan aplikasi Scientific
- 1955 – IBM- 702
- Untuk applikasi bisnis
Transistor
- Menggantikan vacuum tubes
- Lebih kecil
- Lebih murah
Generasi Komputer
- 1946-1957 : Vacuum tube
- 1958-1964 : Transistor
- 1965-1971 : SSI - Small scale integration
- Up to 100 devices on a chip
- 1971 : MSI - Medium scale integration (
- 100-3,000 devices on a chip
IBM seri 360
- Pengganti seri 7000 (tidak kompatibel)
- Rancangan awal suatu “keluarga” komputer
- Memiliki set instruksi yang sama atau identik
- Menggunakan O/S yang sama atau identik
- Kecepatan meningkat
DEC PDP-8
- Minicomputer pertama
- Tidak mengharuskan ruangan ber-AC
- Ukurannya kecil
Arsitektur & Organisasi Komputer
CPU
Central Processing Unit
- Merupakan komponen terpenting dari sistem komputer
- komponen pengolah data berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya
- Komponen Utama CPU
Arithmetic and Logic Unit (ALU)
- Control Unit
- Registers
- CPU Interconnections
Arithmetic and Logic Unit (ALU)
Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer.
- ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan
- instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya.
- Control Unit
- Bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya.
- Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi – instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
Registers
- Media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.
- Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
Fungsi CPU
- Menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi –instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
Siklus Fetch – Eksekusi
- Pada setiap siklus instruksi, CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori
- Terdapat register dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya, yang disebut Program Counter (PC)
Aksi CPU
- CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke
- memori dan sebaliknya.
- CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya.
- Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi
Kesimpulan
- Sejarah singkat komputer dimulai dari Tabung Vakum, Transistor, IC dan VLSI.
- Kinerja sebuah sistem komputer merupakan hasil proses dari seluruh komponen komputer, yang melibatkan CPU, memori utama, memori sekunder, bus, peripheral.
- Pentium Intel mampu mendominasi pasaran dan secara teknologi menggunakan rancangan CISC (complex instruction set computers) dalam arsitekturnya.
- PowerPC merupakan kelompok komputer yang menerapkan teknologi RISC (reduced instruction set computers).