PERKEMBANGAN HARDWERE DAN
SOFTWERE KOMPUTER
Perkembangan hardware komputer semakin cepat dari yang sederhana sampai ke
hardware yang paling kompleks. Namun dilihat dari sejarahnya, perkembangan
komputer diawali oleh kebutuhan untuk melakukan pemrosesan data secara lebih
mudah, walaupun prinsip itu tetap berlaku, namun akhir-akhir ini kelihatannya
perkembangan hardware komputer lah yang mampu menciptakan “kebutuhan-kebutuhan”
dan peluang baru, sebagai contoh: ketika ditemukan komponen-komponen hardware
yang lebih kecil dan ipod muncul maka tercipta kebutuhan baru di dunia musik,
hal ini juga mampu merubah kondisi industri musik itu sendiri. Evolusi software
secara garis besar diklasifikasikan menjadi era belum adanya computer dan
setelah adanya computer. Sebelum adanya computer dibagi menjadi era primitive
dan era mekanis. Sedangkan pada era setelah adanya computer, evolusi software
mengikuti evolusi hardware komputer itu sendiri. Era software sebelum
adanya komputer diklasifikasikan menjadi dua era yaitu : Era primitive (±
300 SM) di mana software dibuat dengan melakukan petunjuk-petunjuk sederhana
dengan menggunakan kode gerak sejenis semaphore. Era Mekanis
(1840-1930-an) yang diterapkan pada peralatan Anatycal Engine dan pemakaian
mesin kartu plong (punch card). Sedangkan era software setelah adanya
komputer yang berarti menggunakan teknologi elektronis, dibagi menjadi era
pioneer, era stabil, era mikro, dan era modern.
Era pioneer (1940-1960) bentuk software masih berupa sambungan-sambungan kabel ke antar bagian komputer dan berbentuk kartu punch (plong). Cirri-ciri lain dari era pionir ini adalah masih menggunakan proses yang terkelompok (batch), distribusi terbatas, dan diproduksi untuk keperluan khusus.
Era pioneer (1940-1960) bentuk software masih berupa sambungan-sambungan kabel ke antar bagian komputer dan berbentuk kartu punch (plong). Cirri-ciri lain dari era pionir ini adalah masih menggunakan proses yang terkelompok (batch), distribusi terbatas, dan diproduksi untuk keperluan khusus.
Era Stabil
(1960-1980) komputer sudah diproduksi secara massal dan software sudah bisa
menjalankan beberapa fungsi proses secara kelompok (multitasking). ciri lain
yang dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak pengguna (multiuser) secara
cepat dan langsung (real time), produk software bisa digunakan secara terpisah,
sudah menggunakan system database.
Era Mikro (1980-1990) software diproduksi untuk kebutuhan komputer jaringan (networking) dan tersebar (distributed), harganya murah sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan pribadi (home), bersifat otomasi untuk kecerdasan buatan (artificial intelligent). Era Modern (1990-?) memiliki ciri software berbasis multimedia, desktop dan portable, berteknologi objek, system pakar, pemrosesan parallel, dan dapat berkomunikasi dengan jaringan global. ( AJI SUPRIANTO )
Era Mikro (1980-1990) software diproduksi untuk kebutuhan komputer jaringan (networking) dan tersebar (distributed), harganya murah sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan pribadi (home), bersifat otomasi untuk kecerdasan buatan (artificial intelligent). Era Modern (1990-?) memiliki ciri software berbasis multimedia, desktop dan portable, berteknologi objek, system pakar, pemrosesan parallel, dan dapat berkomunikasi dengan jaringan global. ( AJI SUPRIANTO )
.
Sejarah hard were dan soft were
Dibedakan
dalam 2 periode perkembangan (periode sebelum tahun 1940 dan sesudah 1940:
Sebelum tahun 1940 dikatakan sebagai evolusi komputer dengan teknologi mekanik
Komputer
Generasi Pertama (1940-1959)
ENIAC
(Electronic Numerical Integrator and Calculator), merupakan komputer pertama
yang digunakan untuk keperluan umum.
Proposal
ENIAC dirancang pada tahun 1942 dan mulai di buat pada tahun 1943 oleh Dr.
John Mauchy dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical
Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun
1946
Komputer
Komersial pertama: UNIVAC pada tahun 1950 yang dikeluarkan oleh
perusahaan IBM dan Sperry yang digunakan pertama kali untuk
keperluan kalkulasi sensus AS tahun 1951 dan dioperasikan sampai tahun 1963
IBM
memproduksi IBM 605 dan IBM 701 tahun 1953 yang berorientasi pada
aplikasi bisnis dan merupakan komputer yang paling populer sampai dengan tahun
1959. IBM 705 dikeluarkan untuk mengantikan IBM 701
Electronic
Numerical Integrator And Calculator
Ciri-ciri
Komp Generasi Pertama :
Ciri-ciri :
berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500 m2 dengan
menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000
kapasitor dan 70.000 resistor. Ketika di operasikan membutuhkan daya listrik
sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton dan menempati ruangan
sekitar 167 m2
Komputer
Generasi Kedua (1959 - 1964)
Komputer
Generasi Ke dua ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:
- Menggunakan teknologi sirkuit
berupa transistor dan diode untuk mengantikan tabung vakum
- Sudah menggunakan bahasa
pemrograman tingkat tinggi seperti FORTAN dan COBOL
- Kapasitas memori utama
dikembangkan dari Magnetic Core Storage
- Menggunakan simpanan luar
berupa magnetic tape dan magnetic disk
- Kemampuan melakukan proses real
time dan real sharing
- Ukuran fisiknya sudah lebih
kecil dari generasi pertama
- Proses operasi sudah lebih
cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik
- Kebutuhan akan daya listrik
lebih kecil
- Orientasinya program tidak lagi
tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga sudah ke aplikasi teknik
Komputer
Generasi Ketiga (1964 - 1970)
- Komputer Generasi Ketiga
menggunakan teknologi Integrated Circuit (IC) hingga generasi
sekarang
- IC di buat pertama kali oleh Texas
Instruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang
hanya berisi enam transistor dan sekarang IC memiliki miliaran
transistor. Contoh Komputer Generasi III
adalah: IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, NCR Century, GE 600, CDC 3000
Komputer
Generasi Ketiga ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:
- Karena menggunakan IC maka
kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatan hampir 10.000
kali lebih cepat dari komputer generasi pertama
- Peningkatan dari sisi software
- Kapasitas memori lebih besar
dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu)
- Menggunakan media penyimpan
luar disk magnetik yang sifat pengaksesan datanya secara acak dengan
kapasitas jutaan karakter
- Penggunaan listrik yang lebih
hemat
- Kemampuan untuk melakukan
multiprosesing dan multitasking
- Telah menggunakan terminal
visual display dan dapat mengeluarkan suara
- Harga yang semakin murah
- Kemampuan untuk melakukan
komunikasi dengan komputer lain.
Komputer
Generasi Keempat (1970 – 1980an)
·
Komputer Generasi Keempat adalah
lanjutan dari Generasi Ke III
·
Bedanya komputer GIV mengunakan IC
yang lebih kompleks dan terintegrasi
·
Large Scale Integration – Bipolar
LSI – Very LSI à yang dapat menampung ribuan hingga ratusan ribu IC
·
Tahun 1971 INTEL memperkenalkan
microkomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang
berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz dan dapat mengeksekusi 60.000
operasi per detik.
·
Tahun 1972 INTEL memperkenalkan mikrokomputer
8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu
·
1974 INTEL membuat Prosesor 8080
untuk tujuan umum pertama kali.
·
Pada Generasi Keempat tampilan
monitor masih satu warna (green color)
·
Komputer Generasi Ke empat adalah
IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc dan Altair yang menggunakan
prosesor Intel 8080 dengan sistem Operasi CP/M (Control Program for dengan
Bahasa Pemrograman BASIC
Komputer
Generasi Kelima (1980an - ?)
- Akhir
tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah Komputer Personal (PC)
secara masal.
- Tanggal
12 Agustus 1981 menjadi sebuah standard komputer PC yang dinamakan IBM-PC
- Prosesor
yang digunakan 8088/8086 yang merupakan standar komputer saat itu dengan
menggunakan basis proses 18 bit per satuan waktu.
- Dengan
lahirnya komputer IBM bekerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan
Software
- Mulai
dikembangkan standar PC yang dikenal dengan PC-Compatible dan
dikembangkan oleh perusahaan seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori
oleh Wiliam Bill Gates.
- Generasi
kelima telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josepson
Junction, teknologi yang mengantikan chip yang mempunyai kemampuan
memproses triliyunan operasi per detik sementara teknologi chip hanya
mampu memproses miliaran operasi perdetik.
- Komputer
pada generasi ini komputer dapat menerjemahkan bahasa serta adanya
penghematan energi komputer. Sifat ini dinamakan “artifical
intelegence” Selain itu berbasis GUI, Multimedia dan Multikomunikasi.
- Contoh komputer
yang lahir generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang
dikenalkan tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 tahun
1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan pada
tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor.
- Selanjutnya
tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut dengan
PENTIUM 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan MIPS (Million
Instruction per Second). Kemudian Generasi berikut Pentium 2, 3 dan 4
- Pada
akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4 yang merupakan prosesor
terkahir dari keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit.
- Tahun
2001 Intel mengumumkan prosesor ITANIUM (Code Named Merced) yang
merupakan prosesor yang berbasis arsitektur 64 bit.
Sejarah Software
Berdasarkan
perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa
era yaitu :
Era Pemula
(Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel
ke antar bagian dalam komputer, Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu
kesatuan dengan perangkat kerasnya.
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh
kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri /
perusahaan.
- Perusahaan perangkat lunak
bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi
- perangkat lunak mulai bergeser
menjadi sebuah produk.
- Baris-baris perintah perangkat
lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti
banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking).
- Sebuah perangkat lunak mampu
menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real
time).
- Pada era ini mulai di kenal
sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data
(yang di proses).
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat
lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak
dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani
internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh
penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat
lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah
superkomputer dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di
lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
Tingkat
kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain
permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan
gambar.
2.
Pengertian dan perkembangan hard
were dan soft were
Definisi
dari Hardware :
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama
“perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat
alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata,
yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input
divice (unit masukan)
2. Process
device (unit Pemrosesan)
3. Output
device (unit keluaran
4. Backing
Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal
( unit tambahan)
Definisi dari
Software :
Pengertian
Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur
oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa
program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Fungi software
adalah sebagai interaksi antara perangkat keras dan pengguna .
Perangkat
lunak dibagi menjadi 3 menurut jenisnya, yaitu:
1. Program
Aplikasi (contohnya, Microsoft Office)
2. Sistem
Operasi (contohnya, Microsoft Windows)
3. Bahasa
Pemrograman (yakni Bahasa pemrograman Pascal dan Rakitan)
Jika dilihat
dari pendistribusiannya, software sendiri dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:
1. Software
berbayar.
Software
berbayar biasanya dirancang khusus untuk tujuan bisnis. Artinya jika anda inginmenggunakannya,
maka anda harus membayar sejumlah uang untuk menggunakannya. Contoh dari
software berbayar, yaitu: Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop,
dan lain-lain.
2. Open
Source Software
Open Source
software ini lahir dari kebebasan berkarya. Pada program ini sebuah komunitas
mendapat kebebasan untuk belajar, merevisi ulang, mengutak-atik dan tentunya
dengan tanggung jawab atas apa yang dilakukan.
3. Free
Software
Merupakan
software yang memberikan kebebasan untuk menjalankan program, menyebarluaskan
agar dapat dinikmati oleh khalayak umum, mempelajari agar program dapat bekerja
sesuai dengan kebutuhan, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak.
4.
Shareware.
Ada beberapa
kemungkinan dalam pendistribusian Shareware ini. Shareware umumnya merupakan
program yang didistribusikan dengan batas tertentu, bila ingin mendapatkan
fitur-fitur lebih, maka kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk
membayarnya.
Atau bisa
juga digunakan untuk evaluasi terhadap suatu produk untuk menambahkan
fitir-fitur tertentu yang lebih baik lagi. Shareware bisa juga sebagi bahan uji
coba ketika kita ingin membeli suatu software, jika kita merasa cocok maka kita
tidak akan ragu lagi membelinya.
5. Freeware.
Merupakan
software yang mempunyai hak cipta yang gratis digunakan tanpa batas waktu. Atau
dalam definisi lain disebutkan bahwa Freeware merupakan program yang
didistribusikan gratis tanpa biaya tambahan.
Perkembangan
Software di Indonesia
Perkembangan
Software di indonesia
beserta perangkatnya berkembang sangat pesat. Ini ditandai dengan semakin
banyaknya para pembuat software. Tidak hanya untuk keperluan bisnis, untuk
keperluan pembelajaran juga tidak kalah pesatnya. Pada awal perkembangannya,
software pendidikan lebih didominasi oleh software dalam bentuk tutoriall
misalnya tutorial belajar Windows XP, tutorial belajar MS Word dll. Satu bulan
yang lalu saya juga ditanya salah seorang guru dari Kalimantan, ia menanyakan bisa
tdk mengusahakan software tutorial belajar gitar ? ini membuktikan bahwa segala
disiplin ilmu orang menghendaki segalanya menjadi praktis, sehingga untuk
mempelajarinya tidak terkendala waktu dan jika ingin mengulang – ulang bahasan
tertentu tinggal menjalankan lagi software tersebut. Dalam perkembang
berikutnya, kini juga sudah mulai dikembangkan software pendidikan yang
berfungsi untuk membantu proses belajar mengajar, mulai dari system penerimaan
siswa, penjadwalan mata pelajaran, system pembuatan nilai dll. Ada beberapa
orang kini yang belum percaya pada software buatan lokal, padahal apabila semua
orang di Indonesia menggunakan jasa Software House Indonesia, akan sangat
mendukung sekali untuk perkembangan produk Software buatan Indonesia. Banyak
Software House Indonesia yang akhirnya gulung tikar karena jarangnya project,
cenderung orang lebih suka menggunakan produk-produk asing. Kelemahan
perkembangan Software buatan Indonesia dikarenakan tidak adanya keterbukaan
antara satu dengan yang lain. Kebanyakan produknya dilindungi dan tidak
bersifat open source. Padahal apabila dibuat open source pasti cenderung akan
lebih cepat berkembang, dikarenakan yang mengembangkan menjadi lebih banyak
karena dimuatkan sumber kodenya.
Tren
perkembangan Software dan Hardware
Sejarah
perkembangan software dari tahun ke tahun adalah sebagai berikut :
§ Tahun1956
:
Jhon bachus
dan tim IBM nya menciptakan Fortran dengan bahasa pemprograman tingkat tinggi.
§ Tahun 1960
:
LISP
meluncurkan model bahasa komputer untuk menulis program tiruan.
§ Tahun 1965
:
Orientasi
bahasa benda dengan perakitan tambahan dengan simulasi, ditulis oleh Kristen
Nygaard dan Ole John Dahl.
§ Tahun 1969
:
Bill Gates
dan Paul Allen menyebutnya dengan “Lake Side Programming Group” menyetujui
komputer dengan badan hukum pusat untuk mematenkan Pdp-Iq software.
§ Tahun
1975:
Paul Allen
didalam suratnya,Bill Gates menggunakan nama ”Micro-Soft” menyerahkan kepada
rekan kerjanya.untuk cepat- cepat menuliskan tentang referensinya.
§ Tahun 1976
:
Untuk
pertama kalinya Microsoft dikembangkan, mereka menyebutnya dengan”The Legend Of
Micro-Kid”.
§ Tahun 1977
:
Pemerintahan
U.S mengadopsi data standar IBM untuk membuka kode kunci pesan dan untuk
melindungi rahasia agensi mereka.
§ Tahun 1978
:
Microsoft
mengumumkan produk ketiganya Microsotf Cobol-80, dijual seharga 1 juta dolar
U.S.
§ Tahun 1979
:
Micosoft
mengumumkan Microsoft Basic untuk 8086 16 bit microprocessors.
§ Tahun
1981:
IBM
memperkenalkan personal computer dengan penggunaan Microsoft 19 bit operting
system MS DOS 1.0 plus Microsoft Basic Cobol Pascal dan produk Microsoft
lainnya.
§ Tahun 1983
:
Microsoft
memperkenalkan word processing program,Microsoft Word for MS DOS 1.0.
§ Tahun 1989
Maxis
memproduksi video game dengan kelas baru untuk pendidikan dan hiburan.
§ Tahun 1995
:
Windows 95
ships.
§ Tahun 1997
:
Deep blue
defeats world chess champion.
A.
Software
Di industri
software ini, Microsoft telah menjelma sebagai sebuah kekuatan yang luar biasa.
Hal tersebut tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai belahan dunia
lainnya. Ada dua software utama Microsot yang banyak digunakan aplikasinya di
seluruh dunia yakni Microsoft windows (operating system) dan Microsoft office
(aplikasi perkantoran). Di Indonesia keduanya menjadi penguasa pasar dengan
penguasaan di atas 90%. Sesungguhnya produk Microsoft sendiri tidak hanya
terbatas pada dua aplikasi tersebut, tetapi juga aplikasi yang lainnya seperti
terlihat dalam tabel 1 di bawah ini. Dalam beberapa aplikasi, produk Microsoft
tidak sehebat Microsoft office dan windows, misalnya untuk server operating
system di Indonesia, Microsoft Indonesia mengakui menguasai 50% pangsa pasar. Di
sisi lain seiring perkembangan industri komunikasi dan informasi, Microsoft
juga menjadi pemasok beberapa aplikasi lainnya seperti di telepon seluler.
Misalnya untuk telepon seluler Microsoft mengembangkan operating system.
Sayangnya di area ini Microsoft tidak seberhasil di operating system (OS) untuk
komputer. Penguasa OS telepon seluler dunia saat ini adalah Symbian yang
tertanam di 51,7 juta unit smartphone di seluruh dunia, atau menguasai 72,5%
pangsa pasar global smartphone selama 2006. OS Linux menduduki posisi kedua
dengan pangsa pasar 16,9% dan ketiga Microsoft 4,6%. Tantangan bagi penguasa pasar seperti Microsoft di operating system dan
office system, terus bermunculan. Salahsatu penantang yang cukup berkembang
pesat adalah aplikasi-aplikasi berbasis open source. Aplikasi berbasis open
source memiliki keunggulan tersendiri, karena karakteristiknya yang terbuka
source codenya, sementara Microsoft tidak. Salah satu basis open source yang
cukup terkenal adalah Linux. Terdapat banyak aplikasi padanan software
Microsoft yang dibangun berbasis Linux. Tabel 2 memperlihatkan perbandingan
beberapa aplikasi di MS Windows dan Linux. Moore’s Law adalah hukum yang
menggambarkan tren perkembangan hardware komputer dalam jangka waktu panjang.
Menurut Moore’s Law: Perkembangan Teknologi Informasi di bidang hardware
komputer meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan atau 1,5 tahun Sesuai dengan moore’s
law berarti dalam 30 tahun, terjadi 20 kali peningkatan kapasitas memory
komputer. Dengan demikian, kita dapatkan 2 pangkat 20 = 2 pangkat 10 x 2
pangkat 10 = 1024 x 1024 = + 1 juta. Terbukti pada tahun 1998, kita
dapatkan memory yang berkapasitas 1 juta kali dibandingkan dengan kapasitas
memory pada tahun 1968.Moore’s Law memang terbukti tepat meramalkan tren
perkembangan hardware komputer. Namun Moore’s Law tidak bisa mengukur
berapa kali lipat kegunaan dari komputer pada tahun 2029 nanti dibandingkan
dengan tahun 2009 sekarang.“Vercolish!” – Versatile, Compact and Stylish!
Itulah trend paling mencolok dari perkembangan hardware komputer saat ini.
Paduan antara teknologi, ke-praktis-an, dan gaya pada seonggok plastik dan
logam yang bernama hardware komputer. Bila sepuluh tahun lalu satu teknologi,
atau satu model bisa bertahan hingga 3 tahun-an, saat ini periode umur teknologi
dan juga modelnya tergolong pendek, bahkan dalam satu tahun bisa mengalami
hingga dua-tiga kali. Bagi konsumen yang tahu kapan waktu yang tepat untuk
membeli komputer, tentu ini akan sangat menguntungkannya karena umumnya setiap
kali model dengan teknologi baru muncul, yang lama langsung jatuh harganya.
Namun bagi kebanyakan konsumen hal ini bisa menjadi sumber kekecewaan karena
seolah-olah dipermainkan oleh para industrialis.
Personal
Computer. Soal PC,
jangan pernah anggap enteng komputer rakitan. PC rakitan bahkan berani beri
garansi lebih lama daripada yang branded dan karena rakitan,
kompatibilitasnya dengan berbagai komponen besutan manufacturer lain
sangat tinggi. Perkiraan kasar yang saya dapat dari berbagai media 70% dari
pangsa pasar PC nasional adalah PC rakitan. Brand awarness memang tumbuh
pesat, namun trend pertimbangan konsumen lebih bergeser ke arah affordability
dan functionality, bahkan untuk kelas korporat sekalipun. Faktor
pendukungnya adalah bahwa PC rakitan lebih murah, model tak kalah bagus, kalau
rusak mudah diperbaiki, dan komponen-nya mudah didapat. Selain itu PC rakitan
‘dianggap’ tidak melawan HAKI atas merek atau model tipe tertentu dari pabrikan
yang sudah mapan.
Notebook: Tahun depan notebook akan memiliki standard
kelengkapan fasilitas Wi-Fi, Bluetooth & long-life batery (di atas 2
jam) dan untuk memudahkan mobilitas, berat tak bisa lebih dari 2.2 kg dengan
layar favorit WXGA (Wide Extended Graphic Array/ layar lebar) ukuran 12
s/d 14.1 inci. Bagi kebanyakan orang layar ukuran 15 inci, apalagi yang bukan wide
screen dipandang boros tempat dan tampaknya kurang diminati. Integrated
web-cam sudah mulai di-tanamkan pada beberapa merek, dan tampaknya trend
dua tahun ke depan akan mirip handphone keluaran terkini yang menanamkan kamera
mega-pixel sebagai kelengkapan standard. Perkiraan saya, gabungan pangsa pasar
Toshiba dan Acer kemungkinan besar masih akan menguasai pasar notebook branded
tahun 2007 (antara 65%-70%), meskipun merek-merek baru keluaran lokal dan Cina
sudah mulai unjuk gigi.
Storage
Memory – SD-MMC
(serta versi mininya) akan tetap menjadi pilihan publik sebagai auxiliary
memory (memori eksternal) terfavorit karena kompatibilitasnya dengan
berbagai gadgets, kamera digital dan pemutar lagu MP3. Sedangkan tipe thumb-drive
atau yang lebih dikenal dengan Flash Disk akan tetap populer sebagai
pelengkap PC, baik desktop maupun notebook di tahun-tahun mendatang karena
terbukti tahan banting dan mulai dikembangkan untuk bisa menampung data lebih besar
dari 2 GB. Awal tahun depan jangan heran bila Flash Disk kelas 512 MB
sudah mulai sulit didapatkan, apalagi yang 256 MB. Jangan pula terkecoh dengan
garansi ‘seumur hidup’ karena toh rata-rata produk SD-MMC dan Flash
Disk itu akan obsolete (berhenti diproduksi) setelah kira-kira 3
tahun, dan dengan demikian garansi secara otomatis hilang setelah obsolete.
DVD-RW untuk tahun depan masih akan kesulitan menggerogoti pasar CD-RW karena
banyak yang merasa belum membutuhkan burn data hingga 4,7 GB ke dalam satu
keping disk. Justru pasar masih menunggu diluncurkannya BlueRay yang
berkapasitas antara 20 GB hingga 50 GB per-keping. Penantian ini tampaknya akan
segera terwujud tahun depan, dan semester II tahun 2007 kemungkinan besar harga
Blue Ray akan menjadi makin kompetitif.
Konektifitas. Kabel akan makin tergusur dari ruang-ruang kantor
dan rumah tangga. Transfer data nir-kabel baik itu melalui Wireless LAN
maupun fasilitas hotspot akan menjadi trend paling panas tahun 2007.
Penyedia hardware pendukung teknologi konektifitas mesti memperhatikan hal ini,
karena reliabilitas transfer tanpa kabel sangat rentan terhadap hambatan fisik
(misal tembok antar ruang atau antar lantai, interferensi dari gelombang radio
liar yang kebetulan berfrekuensi sama atau mendekati sama, dan daya jangkau tansceiver-nya).
Jadi hardware yang berkualitas, sedikit mahal tak masalah, akan menjadi incaran
para eksekutif IT di perusahaan-perusahaan. External USB Bluetooth Device yang
mengklaim berdaya jangkau 100 meter pun pada kenyataannya itu berarti 100 meter
tanpa hambatan apapun (misalnya di lapangan atau aula besar). PCMCIA-CDMA atau
akan mulai digemari untuk dipasangkan dengan notebook ketimbang HP CDMA dengan
kabal data.
RAM. RAM 256 MB akan jadi penghuni museum purbakala. Dengan
diintegrasikannya kemampuan grafis dan multimedia tingkat tinggi yang menuntut
memori lebih besar, prediksinya tahun 2007 adalah bahwa di setiap Notebook dan
PC standard minimum RAM adalah 512 MB bahkan bila Windows VISTA jadi
diluncurkan awal tahun depan, maka RAM 1 GB dan expandable hingga 2 GB adalah
harga mati. Mainboard yang mendukung hal itu pun kemungkinan besar akan muncul
tahun depan.
Processor. Untuk server, Intel Xeon atau AMD Opteron dengan
minimum 2 GB Standard Memory dengan clock speed min 2.6 GHz akan menjadi
pilihan perkantoran menengah ke atas yang memerlukan tak hanya reliabilitas processing
bagi sistem ERP mereka, tetapi juga bagaimana data-data bisa diakses secara
serentak tanpa ada gangguan kecepatan akses yang berarti. Prediksi saya,
standard memori minimum 2 GB yang expandable sampai 12 GB masih akan
bertahan karena faktor harga yang relatif stabil dan juga reliabilitas. Chipset
2.6 s/d 3.0 GHz yang tertanam dalam processor sekelas Intel Xeon (dual CPU)
kemungkinan besar belum akan berevolusi. Sedangkan untuk PC desktop dan
notebook, prosesor sekelas Dual Core dan Core2Duo akan menjadi standard
notebook yang kemungkinan besar pada semester kedua 2007 sudah menjadi semacam
‘kebutuhan pokok’ yang karena diproduksi massal harganya tak jauh beda dengan
yang single-core.
Hardware
lain dan Accessories. Tampaknya LCD monitor mulai menggeser monitor tabung (CRT) karena harganya
semakin murah, bahkan ada yang di bawah 2-jutaan untuk layar 15 inci. Beberapa
LCD monitor telah diintegrasikan dengan multimedia speaker dan web-cam
berkualitas baik. Bersiap-siaplah untuk booming permintaan pada semester
dua tahun depan, karena umumnya paruh kedua tiap tahun adalah siklus global
dimana teknologi baru mulai diwacanakan dan purwarupanya (prototype) sudah di-launching.