Rabu, 05 April 2017
Home »
» Resume Materi Arsitektur Komputer Bab 1-3
Resume Materi Arsitektur Komputer Bab 1-3
Komputer=computare (menghitung)=Alat hitung
suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
•menerima input
•memproses input tadi sesuai dengan programnya
•menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
•menyediakan output dalam bentuk informasi
Seperangkat Komputer
Unit Masukan
Unit Keluaran
Unit Pemrosesdata
Unit Penyimpandata
Fungsi Komputer
Membuat animas
Membuat game
Membuat lagu
Menulis (word processor)
Menghitung neraca (spreadsheet)
Membuat program (VB, Delphi, Java, dll)
Bertukar data (jaringan/LAN)
Bertukar data global(internet)
Arsitektur & Organisasi Komputer
Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi
Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama
Struktur & Fungsi
Strukture adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain
Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur
FUNGSI
Semua komputer memiliki 4 fungsi:
Pengolahan data - Data processing
Penyimpanan data - Data storage
Pemindahan data - Data movement
Kendali - Control
SEJARAH KOMPUTER
EVOLUSI DAN KINERJA KOMPUTER
ENIAC
• Electronic Numerical Integrator And Computer
• Eckert and Mauchly
• University of Pennsylvania
ENIAC – details
• Menggunakan sistem Decimal (bukan binary)
• Memiliki 20 accumulator untuk 10 digits
• Diprogram secara manual melalui sakelar
• Berisi 18,000 vacuum tubes
• Berat 30 tons
• Luas 15,000 square feet
• Daya 140 kW
• Kecepatan: 5,000 penambahan per detik
IAS – details
• Kapasitas memori: 1000 x 40 bit words
– Menggunakan sistem bilangan Biner
– Panjang instruksi 20 bit ( 1 word = 2 instruksi )
• Register-register dalam CPU
– MBR (Memory Buffer Register)
– MAR (Memory Address Register)
– IR (Instruction Register)
– IBR (Instruction Buffer Register)
– PC (Program Counter)
– AC (Accumulator)
– MQ (Multiplier Quotient)
Komputer Komersial
• 1947 - Eckert-Mauchly Computer Corporation
– UNIVAC I (Universal Automatic Computer)
– Untuk kalkulasi sensus 1950 oleh US Bureau of Census
IBM
• Pabrik peralatan Punched-card
• 1953 – IBM-701
– Komputer pertama IBM (stored program computer)
– Untuk keperluan aplikasi Scientific
• 1955 – IBM- 702
– Untuk applikasi bisnis
Transistor
• Menggantikan vacuum tubes
• Lebih kecil
• Lebih murah
Generasi Komputer
• 1946-1957 : Vacuum tube
• 1958-1964 : Transistor
• 1965-1971 : SSI - Small scale integration
– Up to 100 devices on a chip
• 1971 : MSI - Medium scale integration (
– 100-3,000 devices on a chip
IBM seri 360
• Pengganti seri 7000 (tidak kompatibel)
• Rancangan awal suatu “keluarga” komputer
– Memiliki set instruksi yang sama atau identik
– Menggunakan O/S yang sama atau identik
– Kecepatan meningkat
DEC PDP-8
• Minicomputer pertama
• Tidak mengharuskan ruangan ber-AC
• Ukurannya kecil
Arsitektur & Organisasi Komputer
CPU
Central Processing Unit
§ Merupakan komponen terpenting dari sistem komputer
§ komponen pengolah data berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya
Komponen Utama CPU
§ Arithmetic and Logic Unit (ALU)
§ Control Unit
§ Registers
§ CPU Interconnections
Arithmetic and Logic Unit (ALU)
§ Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer.
§ ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan
instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya.
Control Unit
§ Bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya.
§ Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi – instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
Registers
§ Media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.
§ Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
Fungsi CPU
§ Menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi –instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
Siklus Fetch – Eksekusi
§ Pada setiap siklus instruksi, CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori
§ Terdapat register dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya, yang disebut Program Counter (PC)
Aksi CPU
§ CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke
§ memori dan sebaliknya.
§ CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O
§ dan sebaliknya.
Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi
Kesimpulan
1. Sejarah singkat komputer dimulai dari Tabung Vakum, Transistor, IC dan VLSI.
2. Kinerja sebuah sistem komputer merupakan hasil proses dari seluruh komponen komputer, yang melibatkan CPU, memori utama, memori sekunder, bus, peripheral.
3. Pentium Intel mampu mendominasi pasaran dan secara teknologi menggunakan rancangan CISC (complex instruction set computers) dalam arsitekturnya.
4. PowerPC merupakan kelompok komputer yang menerapkan teknologi RISC (reduced instruction set computers).
0 komentar:
Posting Komentar